NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 11, No 5 (2024): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMAN 3 KARAWANG

Khaeriyah, Khaeriyah (Unknown)
Kosim, Abdul (Unknown)
Abidin, Jaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi manajemen peserta didik dan dampaknya terhadap peningkatan prestasi siswa di SMAN 3 Karawang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen peserta didik yang efektif di SMAN 3 Karawang melibatkan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian yang terintegrasi. Faktor-faktor seperti komunikasi yang baik antara stakeholder, pembinaan sikap disiplin, pemberian motivasi, dan pemanfaatan teknologi informasi secara efektif turut berperan dalam meningkatkan prestasi siswa. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman tentang pentingnya manajemen peserta didik dalam mendukung pencapaian prestasi siswa di lingkungan pendidikan menengah atas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...