NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 10 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN

Siahaan, Mian (Unknown)
Paula Manalu, Sriance (Unknown)
Sinaga, Dearlina (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Normalitas, uji Homogenitas, Analisis regresi linear sederhana, uji keberartian regresi, uji keberartian koefisien regresi (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Terlihat pada nilai Fhitung Ftabel (6,236 3,99). Dan terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi Y = 70,182 + 0,136X

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...