Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT Mitra Natura Raya dalam mempromosikan event Sunset di Kebun melalui tahap-tahap AIDA yaitu perhatian (Attention/awareness), ketertarikan (Interest), Keinginan/hasrat (Desire) dan tindakan (Action). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan dalam memperkenalkan event ini mencakup penggunaan 2 jenis promosi, yaitu digital dan on-ground serta pengemasan promosi yang menekankan tentang uniqness dari Event Sunset di Kebun serta konsep intimate yang menawarkan kenyamanan untuk memperoleh perhatian (Attention) khalayak. Penetapan harga jual tiket yang terjangkau dan variasi tiket dengan fasilitas yang berbeda juga menjadi salah satu komponen penting dalam menumbuhkan ketertarikan (Interest) khalayak, pemilihan Line-up menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memperoleh keinginan/hasrat (Desire) khalayak untuk membeli tiket Sunset di Kebun dan yang terakhir strategi promosi yang dilakukan untuk mempengaruhi khalayak dalam melakukan tindakaan (Action) pembelian tiket adalah dengan menggunakan strategi gimmick seperti “tiket terbatas†atau “almost sold outâ€Â yang cukup efektif dalam mempengaruhi calon pembeli untuk akhirnya membeli tiket Sunset di Kebun Raya Cibodas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT Mitra Natura Raya efektif dalam menarik perhatian, membangun rasa ketertarikan, emnumbuhkan Hasrat danh mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan pembelian tiket.
Copyrights © 2024