NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 10, No 9 (2023): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

KAJIAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Pardede, Sanggam (Unknown)
Sulastri Lumban Tobing, Sri (Unknown)
Tua Manullang, Dapot (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis STEM pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah library research (studi pustaka) dari 40 jurnal hasil penggunaan model pembelajaran berbasis STEM yang ada di Indonesia dari tahun 2018-2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran STEM dapat menggunakan Project Based Learning (PjBL), Problem Based Learning (PBL), LKS Praktikum, Inkuiri, E-Modul, Bahan ajar digital, HOTS, Blended Learning, Lesson Study, Etno, Android, TGT, RBL dan Radec. Pendekatan yang lebih banyak digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) dengan persentase 35% dan PBL dan LKS sebesar 10%, sedangkan pendekatan lainnya berkisar antara 1-7%. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas serta mampu membuat peserta didik untuk menemukan dan memecahkan suatu masalah. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis STEM pada mata pelajaran Ekonomi dapat dilakukan dengan Project Based Learning (PjBL). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bantuan dalam bidang Ekonomi, karena model pembelajaran memiliki manfaat yang sangat penting dalam dunia pendidikan agar dapat dikembangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...