Selain dari sisi popularitas, media sosial seperti YouTube juga dimanfaatkan para Youtuber untuk mendapatkan endorsement produk. Sejumlah penelitian memperlihatkan hasil jika review para Youtuber mampu mendorong konsumen untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan milenial melalui kredibilitas endorse pada influencer lokal di Instagram, yakni Panji Petualang. Penelitian dikupas melalui metode penelitian kualitatif dan studi kasus pada endorsement Madu Kembang Joyo di kanal Youtube Panji Petualang, dengan metode wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian adalah Muhammad Panji alias Panji Petualang berhasil membangun kredibilitas. Keberhasilan ini membuat Panji menarik minat produsen produk untuk melakukan endorse ke Panji, salah satunya adalah Kembang Joyo. Kredibilitas yang dibangun oleh Panji sesuai dengan konsep Celebrity Endorsement McCracken, yakni daya tarik, keahlian, dan kepercayaan.
Copyrights © 2023