Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol 2, No 11: November 2017

PEMIKIRAN SISWA KETIKA MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TEXTBOOK DAN REAL-WORLD

Yeyehn Dwi Sugara (Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Sutopo Sutopo (Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang)
Eny Latifah (Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2017

Abstract

The study aimed to find students’ ideas in solving oscillation harmonic motion, spesifically frequence of mass-spring system. The study conducted on 36 students in one of Malang state high school. Multiple choice with reason were used as instrument. The result show that most of students were more expert on solving texbook problem than real-world problem. Most of students’ argument on real world problem  were not relevant. The dificculty was not caused by students’ blank slate but by recalling failed.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran-pemikiran siswa dalam menyelesaikan persoalan terkait gerak osilasi, khususnya pada topik frekuensi sistem pegas-massa. Penelitian dilakukan di salah satu SMA Negeri di Malang dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan soal-soal pilihan ganda beralasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih mahir dalam menyelesaikan soal textbook dibandingkan soal-soal real-world. Argumen yang dipaparkan siswa pada soal-soal real-world kebanyakan tidak relevan dengan persoalan yang diberikan. Kesulitan siswa ini bukan karena siswa tidak memiliki pengetahuan terkait dengan persoalan, namun karena gagal memanggilnya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...