Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 3 (2025): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 Nomor 3 Tahun 2025

Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Budaya pada Masjid Kuno dan Bilik Padi Kerinci terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar

Andina, Andina (Unknown)
Sari, Maila (Unknown)
Gunawan, Rila Gina (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika, terutama pada topik bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berbasis pada kearifan lokal budaya Kerinci, yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual matematika siswa kelas VII pada topik tersebut. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D, yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas VII di MTsS Modern Arafah, dengan 3 siswa terlibat dalam uji coba kelompok kecil dan 15 siswa dalam uji lapangan utama. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli, kuesioner praktikalitas, dan tes pemahaman konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki validitas tinggi dengan skor rata-rata 3,65 (91,25%), praktikalitas tinggi dengan skor rata-rata 3,66 (91,5%), dan efektivitas sedang dengan skor N-Gain 0,40. Selain itu, 60% siswa menunjukkan peningkatan pemahaman konseptual dalam kategori sedang hingga tinggi. Pengintegrasian unsur budaya lokal seperti Bilik Padi dan Masjid Kuno berhasil meningkatkan motivasi belajar, interaksi di kelas, dan membantu siswa memahami konsep matematika melalui konteks budaya yang familiar. Oleh karena itu, LKPD berbasis budaya Kerinci ini dianggap sesuai untuk digunakan sebagai bahan ajar kontekstual yang mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, memperkuat pemahaman matematika siswa, dan berkontribusi pada pelestarian budaya lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...