Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN COGNITIVE LOAD THEORY

Auliah, Iqrimah Nur (Unknown)
Irmawati, Irmawati (Unknown)
Asriani, Asriani (Unknown)
Nursia, Nursia (Unknown)
Selviana, Selviana (Unknown)
Demmanambo, Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Tingginya angka kesulitan belajar matematika di tingkat SMP/MTs menuntut penahaman mendalam tentang faktor kognitif yang mendasarinya. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kesulitan belajar matematika siswa dengan Cognitive Load Theory (CLT) untuk mengidentifikasi sumber beban kognitif yang menghambat pembelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria siswa yang menunjukkan kesulitan belajar matematika. Data dikumpulkan melalui lembar observasi yang mencakup pengamatan interaksi guru-siswa, keterlibatan siswa, dan respons terhadap materi, serta wawancara mendalam mengenai persepsi kesulitan, strategi pembelajaran, dan motivasi belajar dengan subjek penelitian yang meliputi guru matematika serta tujuh siswa kelas IX B MTs Guppi Majene. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa bersumber dari tiga jenis beban kognitif, yaitu intrinsic cognitive load yang tinggi pada materi geometri dan aljabar, extraneous cognitive load akibat minimnya keterlibatan aktif siswa, serta germane cognitive load yang rendah karena motivasi dan strategi belajar yang tidak memadai.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...