Jurnal Jeumpa
Vol 12 No 2 (2025): Jurnal Jeumpa

Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality Pada Materi Ekosistem

Maulida, Maulida (Unknown)
Rahmatan, Hafnati (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak positif dan negatif bagi dunia pendidikan. Proses pembelajaran saat ini sangat berkaitan dengan pemanfaatan teknologi. Berbagai aplikasi telah diciptakan dan bahkan disediakan secara gratis oleh pemerintah untuk mendukung proses pembelajaran dengan tujuan membuat kegiatan belajar menjadi lebih kreatif, inovatif, dan kritis. Meskipun demikian, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran belum dilakukan secara maksimal, terutama dalam pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu proses belajar menjadi lebih menarik serta mendorong kreativitas guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa flashcard berbasis Augmented Reality, yang dapat digunakan siswa sebagai bahan belajar karena mampu menampilkan materi dalam bentuk 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Flashcard yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga orang validator berdasarkan tiga indikator, yaitu aspek fisik flashcard, kemudahan penggunaan atau akses media, serta aspek bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat digunakan dengan sedikit revisi pada bagian fisik agar proses pemindaian lebih optimal. Adapun hasil penilaian meliputi aspek fisik (87%), kemudahan penggunaan (87%), dan bahasa (95%). Rerata persentase sebesar 89% menunjukkan bahwa media flashcard sangat valid dan layak digunakan dalam uji skala besar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jempa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Immunology & microbiology

Description

Jurnal Jeumpa merupakan artikel kajian bidang biologi baik yang bersifat Pendidikan Biologi dan Biologi Sains, yang diterbitkan secara berkala dua kali setiap tahun pada bulan Januari dan juni dengan 10 artikel/Nomor atau 20 artikel/Volume oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas ...