JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Peningkatan Literasi Keuangan, Digital, dan Kewirausahaan untuk Penguatan Karakter dan Kinerja UMKM di desa Pasir Kaliki Karawang

Suyaman, Dede Jajang (Unknown)
Maula, Kholida Atiyatul (Unknown)
Piantara, Seia (Unknown)
Puspitaloka, Nina (Unknown)
Agustin, Ricky Denis (Unknown)
Zahra, Syifa Nida (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan, digital, dan kewirausahaan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Pasir Kaliki, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang. Permasalahan utama mitra meliputi rendahnya pemahaman dalam pencatatan keuangan, minimnya penggunaan media digital untuk pemasaran, serta lemahnya karakter wirausaha.Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui tiga tahap pelatihan dan pendampingan, meliputi literasi keuangan, literasi digital, dan penguatan karakter kewirausahaan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan terhadap kemampuan mitra dalam membuat laporan keuangan sederhana, memanfaatkan media digital untuk promosi, serta perubahan sikap dan kedisiplinan dalam mengelola usaha. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, terjadi peningkatan rata-rata sebesar 47% pada literasi keuangan, 50% pada literasi digital, dan 42% pada karakter kewirausahaan. Temuan ini sejalan dengan berbagai penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa literasi dan karakter wirausaha berpengaruh terhadap kinerja UMKM (Lusardi & Mitchell, 2014; Sari & Putra, 2022). Program ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja usaha mitra serta memperkuat karakter kewirausahaan berbasis nilai-nilai tanggung jawab dan inovasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...