JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Relevansi Filsafat Positivisme terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam

Salsabila, Putri (Unknown)
Zahratunnisa, Aisyah (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)
Amina, Siti (Unknown)
Nurhadi, Nurhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini membahas relevansi filsafat positivisme Auguste Comte dengan pengembangan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya pada aspek akhlak dan muamalah. Masalah utama yang dikaji adalah bagaimana prinsip positivisme yang menekankan bukti empiris dapat diterapkan dalam pendidikan Islam agar lebih rasional dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, melalui analisis literatur terkait positivisme dan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan empiris positivisme dapat memperkuat pembelajaran akhlak melalui penilaian perilaku yang objektif, serta mendukung penerapan nilai muamalah dalam interaksi sosial dan ekonomi yang jujur dan transparan. Kesimpulannya, integrasi positivisme dalam pendidikan Islam mampu menciptakan sistem pembelajaran yang ilmiah, terukur, dan tetap berlandaskan nilai spiritual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...