JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Bahasa di Kelas X SMAN 1 Kisaran

Saragih, Chelsi Ruth Mailin (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Nismawati, Nismawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Kisaran dalam mata pelajaran bahasa, yang ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif dalam diskusi, minimnya inisiatif bertanya, serta rendahnya keberanian untuk menulis dan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar yang mencakup empat indikator, yaitu: perhatian, relevansi, kepercayaan diri, dan kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TPS memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Skor rata-rata motivasi belajar meningkat dari 59,8% pada pra-siklus menjadi 74,5% pada siklus pertama dan mencapai 86,2% pada siklus kedua. TPS terbukti mampu menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif, partisipatif, dan reflektif yang mendorong siswa untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan pendapat baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, TPS juga memperkuat hubungan sosial antar siswa, meningkatkan kolaborasi, serta mendorong pengembangan keterampilan kebahasaan secara lebih menyeluruh. Temuan ini merekomendasikan penggunaan model TPS secara luas dalam pembelajaran bahasa sebagai strategi yang mampu meningkatkan dimensi afektif dalam proses pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...