JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 5 No. 1 (2025): JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini

Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Tunas Bangsa Desa Borang Arjosari

Supratiwi, Wahyu Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2025

Abstract

Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran anak usia dini merupakan inovasi yang relevan dengan perkembangan teknologi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi AI dalam pembelajaran di KB Tunas Bangsa Desa Borang Arjosari serta menganalisis dampaknya terhadap kualitas proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan AI mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik, mendukung penyajian materi yang lebih interaktif, serta memudahkan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Selain itu, AI berperan dalam memfasilitasi pembelajaran yang bersifat individual sesuai tahap perkembangan anak. Namun, kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan pemahaman guru terhadap teknologi AI dan keterbatasan sarana prasarana. Dengan demikian, diperlukan pelatihan berkelanjutan bagi guru serta dukungan infrastruktur untuk mengoptimalkan pemanfaatan AI dalam pembelajaran anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL SENTRA: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini features original research in early childhood education, especially in Muslim society from around the world. With this as its main focus, it should be emphasized that the definition of education contains parenting and its ...