Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru dalam pendidikan Indonesia yang menekankan fleksibilitas dan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Namun, implementasinya sering menghadapi tantangan, terutama dalam penyusunan dan penerapan modul ajar oleh guru.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman guru seni rupa terhadap konsep dan komponen modul ajar Kurikulum Merdeka, mendeskripsikan penerapannya di kelas, serta mengidentifikasi bentuk adaptasi modul ajar yang dilakukan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru seni rupa memiliki pemahaman yang cukup baik terhadap konsep dan tujuan modul ajar Kurikulum Merdeka, dengan penekanan pada capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas dan adaptasi awal guru terhadap kurikulum baru. Kata kunci : Kurikulum Merdeka, modul ajar, seni rupa, guru,implementasi.
Copyrights © 2025