Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 8 No 2 (2025): Guiding World: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Terhadap Kecanduan Game Online Siswa Kelas XII MAN 1 Kota Semarang

Khoirunniswah, Khoirunniswah (Unknown)
Fitriana, Siti (Unknown)
Ismah, Ismah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa yang bermain game online dimanapun dan kapanpun bahkan saat di dalam kelas sekalipun. Permasalahan dalam penelitian ini adalan apakah bimbingan kelompok dengan teknik self management berpengaruh terhadap kecanduan game online pada siswa?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk true eksperimental design dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII MAN 1 Kota Semarang, dan sampel yang diambil sebanyak 36 siswa dari kelas XII MIPA 4 dengan menggunakan teknik random sampling berbentuk cluster random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pre-test, post-test, dan observasi Hasil analisis angket kecanduan game online berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa 0.000 < 0,05 maka ada pengaruh bimbingan kelompok teknik self management terhadap kecanduan game online siswa kelas XII MAN 1 Kota Semarang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

GW

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Guiding World : Jurnal Bimbingan dan Konseling memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam ...