Penelitian ini mengkaji intervensi teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi perilaku trash talking pada siswa SMP Negeri 18 Makassar. Tujuan penelitian adalah: (1) mengetahui gambaran perilaku trash talking siswa, (2) mendeskripsikan penerapan teknik restrukturisasi kognitif, dan (3) menganalisis pengaruh teknik tersebut dalam mereduksi perilaku trash talking. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 20 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (10 siswa) dan kelompok kontrol (10 siswa). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui skala perilaku trash talking dan observasi, sedangkan analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku trash talking pada kelompok eksperimen sebelum diberikan intervensi berada pada kategori tinggi dengan nilai mean 85,20, dan setelah intervensi menurun ke kategori sedang dengan nilai mean 63,40. Pelaksanaan teknik restrukturisasi kognitif dilakukan melalui enam tahapan, yakni rasionalisasi, analisis terhadap pikiran konseli, pengenalan dan tindakan coping thought, peralihan dari pikiran negatif ke coping thought, pengenalan serta penguatan positif, dan pemberian tugas rumah serta tindak lanjut. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi p = 0,000 (< 0,05) yang menegaskan bahwa teknik restrukturisasi kognitif efektif dalam mereduksi perilaku trash talking siswa SMP Negeri 18 Makassar.
Copyrights © 2025