Penelitian ini merupakan studi komparatif deskriptif yang mengkaji secara mendalam sistem pendidikan di tiga negara Asia, yaitu Indonesia, Malaysia, dan India. Meskipun memiliki latar belakang sejarah, budaya, dan sosial-ekonomi yang berbeda, ketiganya menunjukkan komitmen yang sama dalam menjadikan pendidikan sebagai instrumen strategis untuk pembangunan nasional dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kajian ini menelusuri struktur pendidikan, kebijakan utama, tantangan, dan capaian pada tingkat dasar, menengah, serta tinggi. Analisis tematik yang digunakan mengungkapkan bahwa Indonesia menonjol dalam desentralisasi pendidikan dan implementasi Kurikulum Merdeka, Malaysia berfokus pada kohesi sosial dan internasionalisasi pendidikan melalui Pelan Pembangunan Pendidikan Malaysia (PPPM), sementara India menunjukkan inovasi melalui National Education Policy (NEP) 2020 yang menekankan fleksibilitas dan digitalisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesamaan dalam upaya memperluas akses dan meningkatkan kualitas pendidikan, namun juga perbedaan mencolok terkait tata kelola, kebijakan bahasa, dan skala tantangan nasional. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengambil kebijakan tentang perlunya konteks lokal dalam reformasi pendidikan, peningkatan kompetensi guru, serta pemanfaatan teknologi untuk memperkuat kualitas pembelajaran di abad ke-21.
Copyrights © 2025