Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Respon Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Terhadap Pemberian Pupuk NPK Pelangi Dan Pupuk Kandang Sapi

Telaumbanua, Syukurnia Hayanti (Unknown)
Sanniwati, Wismaroh (Unknown)
Nadhira, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk NPK Pelangi dan pupuk kandang sapi terhadap pertumbuhan serta hasil tanaman kacang panjang (Vigna sinensis L.), serta interaksi antara kedua perlakuan tersebut. Penelitian dilaksanakan di UPTD BI Palawija Tanjung Selamat, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, pada Desember 2024–Februari 2025. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dua faktor dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah dosis pupuk NPK Pelangi (0 g, 111 g, dan 200 g per tanaman) dan faktor kedua adalah dosis pupuk kandang sapi (0 g, 625 g, dan 1111 g per tanaman). Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, umur berbunga, jumlah buah, dan bobot buah per plot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk NPK Pelangi berpengaruh nyata terhadap bobot buah pada umur 49 HST, namun tidak berpengaruh terhadap parameter lain. Pupuk kandang sapi berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman dan jumlah buah, dengan dosis sedang (625 g) paling efektif pada fase vegetatif. Interaksi kedua perlakuan tidak menunjukkan pengaruh signifikan pada seluruh parameter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk NPK Pelangi dan pupuk kandang sapi dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman kacang panjang apabila digunakan dalam dosis yang tepat dan sesuai fase pertumbuhan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...