Dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia, madrasah memegang peran penting sebagai lembaga yang tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan, tetapi juga membina moral peserta didik. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mahrusiyyah, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam, dihadapkan pada tantangan serta peluang yang muncul seiring dengan pesatnya perkembangan informasi dan meningkatnya tuntutan terhadap standar mutu pendidikan. Untuk mencapai tujuan pendidikannya, sekolah ini sangat bergantung pada berbagai aspek, salah satunya adalah manajemen pendidikan yang efektif, terutama yang dipimpin oleh kepala madrasah. Peningkatan kualitas pendidikan di madrasah ini sangat dipengaruhi oleh kompetensi para pendidiknya, yang secara yuridis diakui sebagai tenaga profesional dengan kewajiban memenuhi standar kualifikasi akademik dan empat kompetensi utama: kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitis yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis manajemen pendidikan di MTs Al-Mahrusiyyah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan profesionalisme pendidik. Berdasarkan temuan lapangan serta analisis terhadap data hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi, strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui penguatan kompetensi guru dilaksanakan secara sistematis dengan merujuk pada kerangka manajemen strategis William F. Glueck, yang mencakup: (1) formulasi strategi, yakni perumusan arah, tujuan, dan prioritas peningkatan kompetensi; (2) implementasi strategi melalui program-program konkret yang terencana dan terukur; serta (3) evaluasi strategi yang berkelanjutan untuk menilai capaian, mengidentifikasi kesenjangan, dan melakukan perbaikan. Di sisi lain, MTs Al-Mahrusiyah menghadapi hambatan yang bersifat multidimensional, yang teridentifikasi dari berbagai pemangku kepentingan dan mencakup faktor internal maupun eksternal, sehingga menuntut penguatan koordinasi, penyesuaian kebijakan, dan optimalisasi sumber daya agar inisiatif peningkatan mutu pembelajaran dapat berjalan efektif dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025