Nomosleca
Vol 2, No 1 (2016): April 2016

KAJIAN ESTETIK SIMBOLIKADVERTORIAL (ABOVE THE LINE) PRODUK MADURASE DI TABLOID IND-JAMU, TABLOID AURA, DAN MAJALAH UMMAT

Pujiyanto, Pujiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2016

Abstract

AbstractMedia lini atas (above the line) merupakan media periklanan tidak langsung yang berbayar. Advertorial yang merupakan gabungan iklan dengan pemberitaan (editorial) adalah salah satu perangkat media lini atas. Ini merupakan iklan berbayar yang disusun dengan menggunakan bentuk pemberitaan. Singkat kata, ini adalah penyampaian pesan secara tidak langsung tentang produk dan merek tertentu kepada khalayak melalui media massa. Artikel ini mengkaji aspek estetik simbolik advertorial produk Madurasa yang diterbitkan media cetak nasional. Tiga sampel advertorial yang diteliti dimuat di tiga media cetak nasional yang berbeda, yakni tabloid Ind-Jamu, tabloid Aura, dan majalah Ummat. Dimensi estetik simbolik advertorial tersebut disajikan lewat isi berita, tipografi, gambar, dan tata letak perwajahan. Hal tersebut merupakan media komunikasi verbal dan visual sebagai kegiatan aktifitas promosi merek dan produk agar dapat diterima konsumen. Setelah data dikumpulkan lewat observasi, wawancara, dan dokumen, penelitian ini menemukan bahwa advertorial tersebut menggunakan pendekatan estetik simbolik yang ditunjukkan dengan menghubungkan serta mendekatkan produk dan merek Madurasa dengan aspek sosio kultural khalayak sebagai calon pengguna. Dengan demikian, advertorial media lini atas (above the line) merupakan karya komunikasi visual yang estetik melalui simbol-simbol sebagai ramuan citra produk dan merek agar dapat diterima khalayak.Keywords: Estetika Desain, Simbol, Above The Line, MadurasaDOI : https://doi.org/10.26905/nomosleca.v2i1.342

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

n

Publisher

Subject

Education Library & Information Science

Description

Jurnal Nomosleca (JN) is a scientific periodical journal of Comunication Sciense, University of Merdeka Malang, which includes a variety of research in the field of communication phenomenons, the analysis of actual case studies or ideas related to the actual communications studies. The focus of ...