Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa diperlukan peran seluruh anggota sekolah, tidak hanya guru dan siswa namun juga perlu peran kepala sekolah sebagai pemimpin dan pengambil kebijakan. Berdasarkan kajian literatur, ditemukan bahwa kepala sekolah memainkan peran penting dalam terciptanya kualitas siswa khususnya pada penerapan kepemimpinan pembelajaran. Dimana kepala sekolah tidak hanya melakukan fungsi administratif, tetapi juga mengatur organisasi dengan memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan professional guru serta memahami apa yang dibutuhkan oleh guru dalam pemenuhan pengembangan kompetensi. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk menelaah implementasi kepemimpinan pembelajaran dalam peningkatan kualitas belajar siswa melalui pendekatan deep learning. Deep learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada pembelajaran yang mindful, meaningful dan joyful. Kegiatan ini dikemas dalam workshop yang bekerjasama dengan SDN Lengkong Bojongsoang Kabupaten Bandung. Peserta adalah kepala sekolah dan guru yang berjumlah 17 orang. Sebagai hasil dari pengabdian masyarakat ini akan dipublikasi kedalam jurnal ilmiah nasional.
Copyrights © 2025