Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan komunikasi siswa dalam memahami konsep biologi akibat penggunaan model atau metode konversional yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning berbasisLesson Study terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas X di SMAN 3 Bone. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan tipe One Group Pretest-Posttest Design digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian adalah kelas X.9 dengan jumlah responden sebanyak 34 partisipan dilibatkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang terapkan yaitu pemberian Pra dan Pasca angket keterampilan komunikasi siswa bersama dengan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, data memiliki distribusi normal dan bersifat homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan memperlihatkan sig (0,000) < 0,05, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Ini berarti bahwa dampak penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning berbasis Lesson Study berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh para pendidik dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2025