JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbasis Lesson Study terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas X di SMAN 3 Bone

Swellmy, Swellmy (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)
Sitti Asmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan komunikasi siswa dalam memahami konsep biologi akibat penggunaan model atau metode konversional yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning berbasisLesson Study terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas X di SMAN 3 Bone. Penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dan tipe One Group Pretest-Posttest Design digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian adalah kelas X.9 dengan jumlah responden sebanyak 34 partisipan dilibatkan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang terapkan yaitu pemberian Pra dan Pasca angket keterampilan komunikasi siswa bersama dengan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, data memiliki distribusi normal dan bersifat homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan memperlihatkan sig (0,000) < 0,05, maka hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Ini berarti bahwa dampak penggunaan model pembelajaran Inquiry Learning berbasis Lesson Study berpengaruh signifikan terhadap keterampilan komunikasi siswa. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi oleh para pendidik dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...