Abstrak – Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan literasi digital guru SD Inpres Katangka melalui pelatihan pengenalan konsep deep learning dan artificial intelligence. Permasalahan yang dihadapi mitra meliputi pemahaman terbatas mengenai pendekatan pembelajaran kontemporer dan rendahnya penguasaan teknologi AI dalam mendukung tugas keprofesionalan guru. Metode pelaksanaan mengadopsi pendekatan partisipatif-kolaboratif melalui lima tahapan: sosialisasi dan penyuluhan (25%), pelatihan intensif (25%), pendampingan dan evaluasi (50%), serta program keberlanjutan. Kegiatan diikuti oleh 24 peserta selama enam bulan dengan melibatkan tim pengabdi yang terdiri dari empat dosen dan dua mahasiswa. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dengan 92% peserta memahami konsep deep learning yang mencakup mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning, serta 92% peserta meningkat kemampuannya dalam memanfaatkan platform AI. Sebanyak 85% peserta berhasil mengembangkan modul ajar berbasis AI dan 86% telah mengimplementasikan dalam pembelajaran reguler dengan peningkatan engagement peserta didik rata-rata 35%. Program ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SD Inpres Katangka.Kata kunci: artificial intelligence, deep learning, kompetensi guru, literasi digital, pengabdian masyarakat
Copyrights © 2025