Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi
Vol. 7 No. 10 (2025): Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRI DENGAN BERBANTUAN PRAKTIKUM PADA MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Hastuti, Sri (Unknown)
Haryadi, Rudi (Unknown)
Oktarisa, Yuvita (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan praktikum pada materi fluida statis guna memfasilitasi keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains meliputi kemampuan dasar seperti observasi, merumuskan hipotesis, melakukan eksperimen, menginterpretasikan data, serta menarik kesimpulan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol group. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di salah satu SMA, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen dengan model Guided Inquiry berbasis praktikum dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dalam keterampilan proses sains, terutama dalam aspek berpikir kritis dan pemecahan masalah melalui kegiatan praktikum seperti pengukuran tekanan hidrostatis dan prinsip Hukum Pascal. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan Guided Inquiry yang dipadukan dengan praktikum pada materi fluida statis efektif dalam membangun pemahaman konsep sekaligus meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Dengan demikian, model ini direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran aktif di kelas fisika. Kata kunci: Guided Inquiry, praktikum, fluida statis, keterampilan proses sains Abstrack This study aims to implement the Guided Inquiry learning model assisted by practicum on static fluid material to facilitate students' science process skills. Science process skills include basic skills such as observation, formulating hypotheses, conducting experiments, interpreting data, and drawing conclusions. The research method used is a quasi-experimental with a pretest-posttest control group design. The subjects of the study were students of grade XI IPA 1 and XI IPA 2 in one of the high schools, which were divided into two groups: an experimental class with a Guided Inquiry model based on practicum and a control class with conventional learning methods. The results showed that students in the experimental class experienced a significant increase in science process skills, especially in aspects of critical thinking and problem solving through practicum activities such as measuring hydrostatic pressure and the principle of Pascal's Law. These findings indicate that the Guided Inquiry approach combined with practicum on static fluid material is effective in building conceptual understanding while improving students' science process skills. Thus, this model is recommended as an alternative active learning strategy in physics classes. Keywords: Guided Inquiry, practicum, static fluid, science process skills.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kohesi

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Education Energy Engineering Other

Description

Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek adalah Jurnal ilmiah berisikan tentang multidisplin ilmu Sains dan Teknologi Industri diterbitkan oleh CV SWA Anugrah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Juli dan Desember). Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek bertujuan ...