Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 8, No 11 (2025): MARTABE : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

MENJAGA TRADISI, MEMPERKUAT MODERASI: PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS SINKRETISME AGAMA DI KOTA KAPUR, BANGKA

Ulum, Miftahul (Unknown)
Rozi, Rozi (Unknown)
Fattah, Abdul (Unknown)
Hijran, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Kota Kapur, Bangka, dengan tujuan memperkuat moderasi beragama melalui pendidikan multikultural berbasis sinkretisme agama yang berpijak pada tradisi lokal. Latar belakang program ini adalah tingginya keragaman budaya dan agama di Kota Kapur yang berpotensi menimbulkan gesekan sosial apabila tidak dikelola dengan baik, sekaligus memiliki kekuatan sebagai modal sosial dalam membangun kohesi masyarakat. Metode kegiatan meliputi dialog lintas komunitas yang mempertemukan tokoh agama, adat, dan etnis; workshop pendidikan multikultural bagi guru, mahasiswa, serta pemuda; serta produksi media edukasi berupa booklet dan video tentang tradisi lokal yang sarat nilai toleransi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa masyarakat menyambut positif inisiatif ini, dan tradisi sinkretik dipahami sebagai kekuatan yang memperkuat identitas lokal dan kebersamaan. Generasi muda juga memperoleh wawasan baru tentang pentingnya moderasi beragama sebagai benteng menghadapi arus intoleransi global. Program ini memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan model pendidikan multikultural berbasis tradisi lokal yang dapat direplikasi di wilayah lain di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...