Dalam dunia jasa pendidikan harga merupakan salah satu tolak ukur untuk mendapatkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Menurut penulis harga merupakan suatu nilai yang dapat ditukar dengan barang atau jasa yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan seseorang dalam membeli. Harga berbanding lurus dengan kualitas yang akan didapatkan oleh konsumen. Namun, bukan berarti harga murah kualitas yang didapatkanpun kurang baik. Adapun harga yang relatif minim namun konsumen mendapatkan kepuasan yang diharapkan. Kepuasan menurut penulis adalah segala sesuatu yang dirasa oleh konsumen memenuhi harapan. Pengaruh harga dan kualitas berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen dalam membeli produk jasa. Dibuktikan dengan hasil perolehan 0,887 artinya hubungan antara harga dan kualitas terhadap kepuasan konsumenadalah erat dan kuat. diketahui besarnya nilai R Square sebesar 0,754 atau dapat dikatakan bahwa besarnya koefisien determinasi kepuasan konsumen sebesar 75,40% artinya bahwa kepuasan konsumen 75,40% dipengaruhi oleh variabel harga dan kualitas dan sisanya 24,60% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada studi ini.
Copyrights © 2023