Guru berpengalaman diperlukan untuk mendukung aktivitas utama lembaga pendidikan vokasi agar mampu menghantarkan para siswa bersaing di era revolusi industri dan menjadi bagian dari society 5.0. Menganalisis hubungan tacit knowledge on teacher saticfaction and Performance in Private vocational school Deskriftif inferensial melalui survey menggunakan kuesioner terhadap 334 guru Sekolah menengah kejuruan (SMK) swasta yang tersebar di Jawa barat yang dipilih secara acak sederhana. Prosedur pengolahan data menggunakan SEM untuk menjawab masalah penelitian. Sikap terhadap kondisi dan tantangan dalam pekerjaan yang rendah termasuk penghargaan menyebabkan para guru berpengalaman membatasi optimalisasi fungsi pengalaman untuk mendorong meningkatnya kinerja guru.Tacit knowledge tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja akibat lemahnya pengharhan terhadap guru berpengalaman di SMK swasta. Memberikan penjelasan mengenai pentingnya tata kelola tacit knowledge terhadap kinerja di pendidikan vokasional melalui sistem yang terstruktur yaitu knowledge management.
Copyrights © 2024