Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang didasari oleh temuan rendahnya hasil belajar peserta didik kelas II SDN 109/II Manggis pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, di mana sebagian besar belum mencapai (KKTP). Kondisi ini menjadi perhatian serius karena Pendidikan Pancasila berperan penting dalam pembentukan nilai dan karakter sejak dini. Oleh sebab itu, peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran ini menjadi hal yang mendesak. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar melalui penerapan model Picture and Picture. Kegiatan dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas II. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa model Picture and Picture mampu meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar, ditunjukkan dengan peningkatan observasi pendidik dari 69% menjadi 84% dan hasil belajar dari 60% menjadi 85%.
Copyrights © 2025