Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan keterampilan kerja sama siswa kelas III SDN 224/II Sijau pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, di mana dari 38 siswa hanya 9 yang mencapai ketuntasan. Kondisi ini menunjukkan perlunya model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media video animasi serta peningkatan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantu video animasi terlaksana dengan baik, meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa di atas KKM 70. Dengan demikian, model PBL berbantu media video animasi efektif dalam meningkatkan keaktifan, kerja sama, dan ketuntasan belajar siswa.
Copyrights © 2025