Kalisa
Vol. 1 No. 2 (2025): November

Penerapan Model Talking Stick Untuk MeningkatKan Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN 94/ll Muara Bungo

Airi, Riana (Unknown)
Abdullah, Abdullah (Unknown)
Avana , Nurlev (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Hasil belajar yang buruk dan motivasi yang rendah pada siswa kelas empat di SDN 94/II Muara Bungo menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Dengan menerapkan paradigma pembelajaran talking stick, penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan proses belajar siswa, 2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas empat di SDN 94/II Muara Bungo. Analisis data penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dan proses belajar telah meningkat. Hasil observasi guru pada siklus I mencapai 69% (sangat baik) dan pada siklus II mencapai 86% (sangat baik). Hasil belajar pada siklus I berada pada kategori baik (73%), sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik (78%). Hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 60,0% (sedang)”, sedangkan pada siklus II sebesar 82,0% (sangat baik). Pada siklus I, skor motivasi belajar siswa masuk ke dalam kelompok sedang sebesar 53,5%, namun pada siklus II, skor tersebut melampaui kriteria indikator keberhasilan peneliti sebesar 70% dengan 83% pada kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kalisa

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

KALISA merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk meninjau dan mencatat perkembangan utama dalam bidang literasi kewarganegaraan yang berpotensi memengaruhi arah dan dinamika kehidupan masyarakat di masa depan. Jurnal ini memfokuskan diri pada kajian ilmiah interdisipliner yang mencakup aspek ...