Indonesian Journal of Community Service in Education
Vol. 1 No. 1 (2025): Indonesian Journal of Community Service in Education (IJCSE)

Penerapan Pendekatan Deep Learning dalam Kurikulum Merdeka: Penguatan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar Kepulauan Seribu

MS, Zulela (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2025

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogis guru dalam menerapkan pendekatan deep learning yang terintegrasi dengan prinsip mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Dasar Kepulauan Seribu, sebuah sekolah dasar di wilayah 3T yang menghadapi keterbatasan akses terhadap pelatihan pendidikan inovatif. Metode kegiatan meliputi identifikasi kebutuhan guru, pelatihan berbasis workshop, praktik desain pembelajaran, pendampingan implementasi di kelas, serta refleksi kolektif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru terhadap pembelajaran mendalam yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga kesadaran, makna, dan kegembiraan belajar siswa. Luaran dari kegiatan ini berupa modul pembelajaran kontekstual, peningkatan kualitas RPP berdiferensiasi, dan artikel ilmiah untuk publikasi. Kegiatan ini merekomendasikan pentingnya program penguatan kapasitas guru secara berkelanjutan dalam mewujudkan Kurikulum Merdeka yang berpihak pada murid, terutama di wilayah kepulauan dan pesisir.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJCSE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Indonesian Journal of Community Service in Education (IJCSE) is a peer-reviewed open access journal established in 2025 by PT. Intelektiva Global Nusantara. IJCSE is committed to publishing high-quality scholarly works that contribute to the development and application of community service across ...