Jurnal Administrasi Publik (JAP)
Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Administrasi Publik (JAP)

MANAJEMEN PELAYANAN ADMINISTRASI KESISWAAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN SISWA

Neta Sahraze Robiatul A (Unknown)
Kasmin (Unknown)
Ambar Sri Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Administrasi kesiswaan menjadi salah satu elemen utama dengan berdirinya sekolah. bagian ini merupakan hal yang mengatur berbagai administrasi yang diperlukan oleh siswa selama siswa itu masuk sampai nanti keluar. Tujuaan penelitian ini untuk menganalisis hubungan manajemen pelayanan administrasi kesiswaan dengan kepuasan siswa di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menyebar angket/kuesioner. Kemudian teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan uji instrumen, analisis statistik, analisis korelasi, uji koefisien korelasi, dan uji koefisen determinasi (kontribusi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan administrasi kesiswaan di MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung dinilai cukup baik dengan rata rata nilai 3,09. Kepuasan siswa pada MTsN 1 dan MTsN 2 Kota Bandung mendapatkan hasil tinggi yaitu dengan nilai rata rata 3,43. Berdasarkan kajian terhadap hasil perhitungan koefisien korelasi didapatkan skor 0,492. Karena berada pada kisaran 0,40 sampai 0,59, nilai ini berada pada level yang sedang. Kemudian diperoleh nilai koefisien determinasi R kuadrat sama dengan 0,234. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel manajemen pelayanan administrasi kesiswaan terhadap kepuasan siswa adalah 23,4%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAP

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian konseptual dibidang ilmu administrasi publik, artikel telaah (review artikel) di muat atas undangan Jurusan Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Palangka ...