Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu dalam meningkatkan kemampuan serta penentu keberhasilan belajar. Pelaksanaan pendidikan yang serba kompleks dan rumit sejatinya telah membuat aktor pendidikan sangat kelimpungan ketika dibenturkan dengan permasalahan efektif tidaknya pelaksanaan pendidikan di suatu lembaga. Terutama dalam belajar dan menghafal mufradat dalam pelajaran bahasa arab. Sehingga peneliti menawarkan model make a match untuk memberikan improvisasi model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berasal dari bahasa Inggris yaitu Classroom Action Research, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu penilaian tes individu dan tes kolektif, hasil penelitian ini yang pertama adalah penerapan model make a match ini telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi guru meningkat dari siklus I sebesar 88 (baik) sedangkan siklus II menjadi 95 (sangat baik). Peningkatan pemahaman mufradat mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas V MINU setelah menggunakan model make a match mengalami peningkatan. Dilihat dari ketuntasannya, pada siklus I 60,34% dan pada siklus II menjadi 91,66%. Kata Kunci: Konstruk, model Make a Match, memahami mufradat
Copyrights © 2023