cover
Contact Name
Ubaidillah
Contact Email
Ifanalialfatani206@gmail.com
Phone
+6282330533256
Journal Mail Official
Ifanalialfatani206@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Abd. Mu’iz Tr. Koncer Darul Aman – Tenggarang –Bondowoso Jawa Timur Kode Pos 68281
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
An Namatul Ausath
ISSN : -     EISSN : 30317711     DOI : https://doi.org/10.64431/annamatulausath.v2i2
Core Subject : Education,
An Namatul Ausath: Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Journal is an electronic journal that focuses on scientific articles on Islamic Education issues in general published by the Institut Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Bondowo Jawa Timur, Indonesia. This journal provides an academic platform for professionals and researchers to contribute innovative work written in both English and Indonesian and published twice a year in June and December.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
STRATEGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MADRASAH EFEKTIF MELALUI PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN BERBASIS ZISWA-SCHOOL LEVY PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (Studi di MD Nurul Amal Suling Kulon Cermee Bondowoso) abrori, Muhammad
An Namatul Ausath Vol. 1 No. 1 (2023): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v1i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan Manajemen Pembiayaan Pendidikan di MD Nurul Amal Suling Kulon Cermee Bondowoso, menganalisis model Manajemen Pembiayaan Pendidikan yang ada berbasis retribusi Madrasah Ziswa (Studi di MD Nurul Amal Suling Kulon Cermeee Bondowoso dan merumuskan model pengembangan konseptual manajemen pembiayaan pendidikan retribusi madrasah berbasis Ziswa. Penelitian ini mempelajari tujuan yang ada dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian pngembangan konseptual pembiayaan pendidikan berbasis retribusi madrasah Ziswa dan model pengembangan konseptual pembiayaan pendidikan pengelolaan retribusi madrasah berbasis Ziswa di MD Nurul Amal Suling Kulon Cermee Bondowoso, data diperoleh dengan melakukan observasi langsung di lapangan, secara mendalam wawancara dan dokumentasi tekniuk analisis data adalah analisis kualitatif dari model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen pembiyaan pendidikan di MD Nurul Amal Suling Kulon Cermee sangat akuntabel, dan belum memanfaatkan Ziswa sebagai sumber pembiayaan pendidikan yang kaya, dan berkelanjutan. Kata Kunci: Strategi, Model Pembiayaan, Madrasah
TRANFORMASI PENDIDIKAN; LANDASAN AGAMA DALAM PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) habibi, Erfan; alfatani, Ifan ali
An Namatul Ausath Vol. 1 No. 1 (2023): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v1i1.8

Abstract

Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) adalah salah satu strategi pembelajaran yang mempunyai tujuan di antaranya untuk mengubah paradigma pembelajaran teacher center. PAIKEM mendasarkan dirinya pada landasan-landasan yang mapan. Landasan-landasan yang dimaksud adalah landasan filosofis, landasan hukum, dan landasan ilmiah. Namun tidak demikian dengan landasan agama, sampai saat ini masih sulit menemukan referensi atau semacamnya yang menjelaskan landasan agama dari PAIKEM. Terkadang ditemukan namun tidak diikuti dengan penjelasan nalar yang digunakan untuk menghubungkan PAIKEM dengan landasan agamanya, baik Alquran atau hadis. Atas dasar hal inilah penelitian dilakukan dengan tujuan menemukan landasan agama strategi PAIKEM. Dengan memilih jenis penelitian liberary research, penelitian ini berusaha mencari dan menemukan ayat-ayat atau hadis-hadis yang dapat dijadikan sebagai landasan agama bagi PAIKEM. Kemudian menjelaskan nalar yang digunakan untuk menghubungkan ayat-ayat Alquran atau hadis tersebut dengan strategi PAIKEM. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen-dokumen baik yang tertulis seperti kitab-kitab tafsir, buku-buku hadis, dan buku-buku penunjang, ataupun digital seperti al-maktabah as-syâmilah. Kemudian digunakan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menyatakan bahwa PAIKEM berdiri di atas landasan agama yang kokoh. Dengan bukti pembelajaran aktif memiliki dasar Alquran sekaligus hadis. Bagi pembelajaran inovatif ditemukan hadis yang dapat dijadikan sebagai landasan. Begitu pula pembelajaran kreatif yang juga memiliki landasan berupa hadis. Di samping Alquran, pembelajaran efektif juga memiliki dasar hadis. Dan pembelajaran menyenangkan berpijak pada dasar hadis. Dengan demikian, sudah sepatutnya PAIKEM dipraktikkan bahkan dikembangkan sedemikian rupa mengingat strategi tersebut mempunyai dasar agama yang kokoh dan bukan produk sekuler.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MAHAROH QIRO’AH hartina, Astutik
An Namatul Ausath Vol. 1 No. 1 (2023): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v1i1.9

Abstract

Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, maka guru harus dapat membuat suatu pengajaran yang efektif, variatif dan berkesan, sehingga materi yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari atau memahami pelajaran atau materi tersebut. Keberhasilan yang dimaksud adalah siswa dapat membangun konsep-konsep tentang materi yang dipelajari khususnya bahasa arab, dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ia temukan dalam pembelajaran bahasa arab. Salah satu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi satu sama lain adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw strategi tersebut dapat membantu siswa mengintepretasikan ide mereka bersama dan memperbaiki pemahaman. Dalam hal ini, guru sangat berperan penting untuk membimbing siswa melakukan diskusi, sehingga terciptanya suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah keefektifan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan maharoh qiro’ah (memahami teks) bahasa arab. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster (sampel daerah), sampel yang di gunakan berjumlah 29 siswa yang diambil dari kelas VA yang berjumlah 15 dan VB yang berjumlah 14. pengambilan data menggunakan, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis t-test. Berdasarkan koefisien-koefisien yang diperoleh dapat dituliskan: thitung = 4,540 dan ttabel pada ά= 5% dan df= (15+14-2) = 2,056. Oleh karena t hitung ≥ t table hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan Maharoh iro’ah (memahami teks) Bahasa Arab. Kata Kunci: Efektifitas, Kooperatif tipe Jigsaw, Maharoh Qiro’ah
Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pengembangan Modul Pendidikan Agama Islam Rahwan, Rahwan; habibi, Erfan
An Namatul Ausath Vol. 1 No. 1 (2023): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v1i1.33

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan menghasilkan modul Pendidikan Agama Islam berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai solusi terhadap kendala dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo. Penelitian ini didorong oleh masalah kondisi pembelajaran yang tidak kondusif dan keterbatasan sumber daya ajar yang tersedia. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran tidak kondusif karena jumlah siswa yang berlebihan dalam satu kelas dan kurangnya materi ajar yang dapat diakses oleh siswa secara mandiri. Selain itu, belum ada penerapan model PBL yang dapat mengatasi masalah tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengidentifikasi dua pertanyaan penelitian utama: (1) Bagaimana penggunaan bahan ajar Pendidikan Agama Islam di SMK Ibrahimy 1 ? (2) Bagaimana proses pengembangan modul Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan Problem Based Learning? Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan mengacu pada teori Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ A dan X TKJ B SMK Ibrahimy 1 Sukorejo pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk memahami penggunaan bahan ajar yang ada di SMK Ibrahimy 1 Sukorejo. Implementasi modul yang telah divalidasi dan siap diujicobakan akan menjadi langkah selanjutnya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap perbaikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah ini.
KONSTRUK MODEL MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MUFRADAT BAHASA ARAB Ahmad, Fandrik; sonia, Fifin
An Namatul Ausath Vol. 1 No. 1 (2023): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v1i1.35

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu faktor penentu dalam meningkatkan kemampuan serta penentu keberhasilan belajar. Pelaksanaan pendidikan yang serba kompleks dan rumit sejatinya telah membuat aktor pendidikan sangat kelimpungan ketika dibenturkan dengan permasalahan efektif tidaknya pelaksanaan pendidikan di suatu lembaga. Terutama dalam belajar dan menghafal mufradat dalam pelajaran bahasa arab. Sehingga peneliti menawarkan model make a match untuk memberikan improvisasi model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berasal dari bahasa Inggris yaitu Classroom Action Research, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu penilaian tes individu dan tes kolektif, hasil penelitian ini yang pertama adalah penerapan model make a match ini telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi guru meningkat dari siklus I sebesar 88 (baik) sedangkan siklus II menjadi 95 (sangat baik). Peningkatan pemahaman mufradat mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas V MINU setelah menggunakan model make a match mengalami peningkatan. Dilihat dari ketuntasannya, pada siklus I 60,34% dan pada siklus II menjadi 91,66%. Kata Kunci: Konstruk, model Make a Match, memahami mufradat
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA BAHASA INSTITUT AGAMA ISLAM IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO 2016-2017 STUDI KASUS SMP IBRAHIMY SUKOREJO SITUBONDO alfatani, ifan ali
An Namatul Ausath Vol. 2 No. 1 (2024): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v2i1.87

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media Mixpad pada pembelajarn Bahasa arab di kelas VIII Ibrahimy Sukorejo Situbondo . Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII Ibrahimy Sukorejo Situbondo. Dalam meneliti, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti pada kondisi subjek, dan pada metode ini peneliti merupakan instrument kuncinya. Disini kita bisa menggunakan berbagai macam teknologi seperti media mixpad yaitu media alat dengar atau tempat untuk mengedit suatu rekaman suara,sebagaimana kita ketahui pembelajaran pada era ini telah mulai berkembang yaitu dari listening, radio, mp3, lagu, murattal, dan lain-lainnya, media mixpad adalah aplikasi yang sangat bagus dalam membuat metode pembelajaran audiovisual untuk meningkat kan daya pikiran pelajar, karena setiap pelajar pasti berbeda pola pikir dalam menangkap pembelajaran tersebut. Hasil deksripsi menunjukkan hasil belajar siswa yang menggunakan media mixpad atau audio visual 60%, dan nilai kebiasannya tergolong sangat efektif.besar perbedaan dalam menggunakan metode tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media mixpad atau audio visual efektif digunakan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN PRAKTEK MUHADATSAH: MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN PRAKTEK MUHADATSAH habibi, erfan
An Namatul Ausath Vol. 2 No. 1 (2024): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v2i1.88

Abstract

Maharah kalam merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi muhadatsah yaumiyah dalam meningkatkan maharah kalam di Madrasah Diniyah Sayyid Muhammad Alawi Al Maliki Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pertama, bahwa seluruh santri dibiasakan untuk berbahasa Arab saat mengikuti pelajaran bahasa Arab di Madarasah Diniyah. Kedua, santri menjadi lebih percaya diri saat berbicara bahasa Arab tanpa perasaan malu dan takut salah. Ketiga, santri semakin rajin menghafal mufradat setiap harinya. Dan keeempat, santri selalu berlatih muhadatsah agar semakin fasih dan lancar saat berbicara, sehingga secara spontan santri mampu berkomunikasi dengan bahasa Arab di manapun dan kapan saja. Kata Kunci: Implementasi, Muhadatsah Yaumiyyah, Maharah Kalam
EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT: EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN NAHWU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGI’RAB KALIMAT firdausiah, nuri
An Namatul Ausath Vol. 2 No. 1 (2024): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v2i1.89

Abstract

Abstrak Untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas, maka guru harus dapat membuat suatu pengajaran yang efektif, variatif dan berkesan, sehingga materi yang disampaikan akan membuat siswa merasa senang dan merasa perlu untuk mempelajari atau memahami pelajaran atau materi tersebut. Keberhasilan yang dimaksud adalah siswa dapat membangun konsep-konsep tentang materi yang dipelajari khususnya Nahwu, dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, serta mampu menyelesaikan masalah-masalah yang ia temukan dalam pembelajaran Nahwu. Salah satu Model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi satu sama lain adalah Model pembelajaran cooperatif tipe STAD membantu siswa mengintepretasikan ide mereka bersama dan memperbaiki pemahaman. Dalam hal ini, guru sangat berperan penting untuk membimbing siswa melakukan diskusi, sehingga terciptanya suasana belajar yang lebih hidup, aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah keefektifan model pembelajaran cooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kemampuan meng- I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav MI Syalafiyah-Syafi’iyah Sukorejo Situbondo Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pretest-posttest design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster (sampel daerah), sampel yang di gunakan berjumlah 40 siswa yang diambil dari kelas VI Fav yang berjumlah 20 dan VI B yang berjumlah 20. pengambilan data menggunakan, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil tersebut kemudian di analisis menggunakan analisis t-test. Berdasarkan koefisien-koefisien yang diperoleh dapat dituliskan: thitung = 5,362 dan ttabel pada ά= 5% dan df= (20+20-2) = 2,021. Oleh karena t hitung ≥ t table hal ini menunjukkan bahwa model Cooperative tipe STAD dapat meningkatkan Kemampuan meng-I’rab Kalimat siswa kelas VI Fav di Madrasah Ibtidaiyah Syalafiyah- Syafi’iyah Sukorejo Putri.
KIPRAH PENGAJAR MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER IKHSANI SISWA PADA ERA DIGITAL: KIPRAH PENGAJAR MADRASAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER IKHSANI SISWA PADA ERA DIGITAL ali, ifan ali alfatani; Firdaus, Muhammad Firdaus
An Namatul Ausath Vol. 2 No. 1 (2024): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v2i1.90

Abstract

ABSTRAK Tujuan penulisan ini untuk mengetahui kiprah pengajar madrasah sebagai pendidik dalam menghasilkan kebiasaan perilaku peserta didik yang terbentuk dalam suatu karakter ikhsani dalam menghadapi tuntutan zaman pada era digital. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif studi kasus, adapun cara pengumpulan informasi dilakukan dengan pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisa informasi dengan reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Objek dalam penelitian ialah peserta didik dan guru MTs Nurul Huda Nogosari. Hasl penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan strategi pengajar madrasah yang diterapkan di MTs Nurul Huda Nogosari, Bondowoso sangat besar dalam membiasakan karakter ikhsani siswa, hal ini ditunjukkan dengan karakter siswa sudah baik, namun sebagian kecil diantara siswa masih ada yang berkarakter kurang baik. Oleh karena itu guru harus mengoptimalkan peran dan strateginya dalam melakukan pembelajaran dan bimbingan kepada siswa. Kegiatan tersebut agar dapat diterapkan secara optimal perlu adanya pembinaan dan pengawasan secara maksimal dari para pengajar, khususnya guru PAI serta perlunya koordinasi dan kerja sama yang baik dari pihak terkait yakni wali murid, masyarakat dan pemerintah
Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital: Peningkatan Asesmen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital abrori, muhammad
An Namatul Ausath Vol. 2 No. 1 (2024): Publish
Publisher : PGMI ISMAA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.64431/annamatulausath.v2i1.91

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya Peningkatanasesmen pembelajaran agama Islam di lembaga pendidikan Islam pada era digital. Metode yang diterapkan adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan analisis. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan fakta dan kenyataan di lapangan, bukan melalui desain riset oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penilaian pendidikan Agama Islam di era digital menjadi lebih efektif dan efisien, dengan tetap memperhatikan ajaran-ajaran Islam

Page 1 of 2 | Total Record : 20