JURNAL ILMIAH MITRA SWARA GANESHA: PENELITIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN
Vol 12 No 1 (2025): JURNAL MITRA SWARA GANESHA

ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Faridhoh Sasmito, Luncana (Unknown)
Haryanti, Usmani (Unknown)
Yuni Ambarsari, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran tematik guru kelas rendah dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Bororejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru kelas rendah sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan data hasil obervasi, dan hasil wawancara didapat hasil analisis terdapat beberapa komponen pembelajaran tematik dan juga ada yang belum sesuai dengan pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah sekolah dasar memiliki banyak potensi dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMSG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini secara khusus memfokuskan pada permasalahan utama dalam pengembangan ilmu-ilmu Pendidikan sebagai berikut: 1. Metode Pembelajaran 2. Model Pembelajaran 3. Media Pembelajaran 4. Perkembangan belajar peserta didik anak usia ...