Jurnal Riset Manajemen
Vol 1 No 3 (2024): September

Pengaruh Kualitas Pelayanan san Fasilitas Puskesmas terhadap Pasien: Studi kasus Puskesmas Muara Siberut, Mentawai

Sep, Delius (Unknown)
Haryati, Rice (Unknown)
Sunreni, Sunreni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas secara persial dan simultan terhadap kepuasan pasien puskesmas muara siberut selatan. Metode pengumpulan data adalah penelitian lapangan (field research), dan penelitian kepustakkan (library research). Jenis dan sumber data adalah data primer dan data skunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap puskemas muara siberut yang berjumlah 4.900 orang dan pengampilan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 98 pasien. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, koefesien determinasi, hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan (1) kualitas pelayanan secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepusan pasien puskesmas muara siberut kabupaten kepulauan mentawai. (2) fasilitas secara persial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien pukesmas muara siberut kabupatan kepulaun mentawai (3) kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan secara bersamam-sama terhadap kepuasan pasien puskesmas muara siberut kabupaten kepulauan mentawai. Dimana kontribusi kualitas pelayanan dan fasilitas pukesmas muara siberut kabupaten kepulauan mentawai sebesar 28,8% sedangkan 70,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurma

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Riset Manajemen merupakan jurnal ekonomi yang menyajikan hasil-hasil penelitian dan gagasan konseptual terkini pada ruang lingkup Manajemen. Jurnal Riset Manajemen diterbitkan tiga kali setahun yaitu Maret, Juni, September & Desember dalam bahasa ...