Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pelatihan baik secara parsial maupun simultan terhadap kinerja pegawai pada dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis dan sumber data adalah data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang dan sampel sebanyak 30 orang.Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, analisis linear berganda, koefesien determinasi serta uji t dan uji F. Hasil penelitian Menunjukan : (1) Indikator dominan pada masing-masing variabel adalah : (a) Indikator dominan varibael kinerja adalah kualitas dengan kategori baik, (b) Indikator dominan variabel tingkat pendidikan adalah pendidikan formal dengan kategori baik, (c) Indikator dominan pada variabel pelatihan adalah materi pelatihan dengan kategori baik, (2) Tingkat pendidikan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (3) Pelatihan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (4) Tingkat pendidikan dan pelatihan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada dinas perpustakaan dan kearsipan di kabupaten pesisir selatan, (5) Kontribusi tingkat pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Dikabupaten Pesisir Selatan adalah 71,4% sedangkan sisanya 28,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini, seperti disiplin kerja, kepuasan kerja dan lingkungan kerja.
Copyrights © 2024