Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup dan pendapatan ekonomi keluarga secara parsial dan secara simultan terhadap perilaku keuangan Generasi Z (Studi Kasus pada Siswa-siswi SMA Negeri 15 Padang). Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa- siswi kelas X, XI dan XII yang berjumlah 1022 orang dan sampel sebanyak 91 orang dengan menggunakan metode stratified random sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu multiple linear regression, Koefisien determinasi, Uji hipotesis t dan F. Hasil dari penelitian didapatkan : 1) Literasi keuangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan Generasi Z. 2) Gaya hidup secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku keuangan Generasi Z. 3) Pendapatan ekonomi keluarga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan Generasi Z. 4) Literasi keuangan, gaya hidup dan pendapatan ekonomi keluarga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan Generasi Z. Hasil dari Analisis Koefisien Determinasi (R2) adalah 0,399, artinya kontribusi Literasi keuangan, gaya hidup dan Pendapatan ekonomi keluarga terhadap perilaku keuangan Generasi Z pada siswa SMAN 15 Padang adalah sebesar 39,9%, sedangkan 60,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Copyrights © 2025