Fenomena dalam penelitian ini yaitu di Lim’s Cafe Kisaran. Di kota Kisaran, semakin banyak persaingan bisnis yang semakin kompetitif, maka keterlibatan pelanggan dan pemasaran media sosial sangat berpengaruh terhadap loyalitas dalam menjalankan suatu bisnis agar berjalan lancar. Berdasarkan hasil survey sementara dapat dilihat bahwa adanya keterlibatan yang cukup baik di cafe tersebut namun pemasaran media sosialnya kurang bisa mempengaruhi loyalitas. Jadi dalam penelitian ini peneliti tertarik menggunakan variabel bebas yaitu Keterlibatan Pelanggan(X1), Pemasaran Media Sosial(X2) dan variabel terikat adalah Loyalitas Pelanggan(Y). Dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap 78 responden dengan metode purposive sampling. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis datanya yaitu analisis linier berganda dan uji asumsi klasik dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 22. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji t, uji f, dan R2. Berdasarkan analisis data pada penelitian bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, uji heteroskedastitas dan multikolinieritas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal dan tidak terdapat multikolinieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f diketahui bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Nilai R squere sebesar 19.6% loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh kedua variabel sedangkan sisanya sebesar 80.4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti di oleh penelitian ini. Dari hasil penelitian diatas maka disimpulkan bahwa keterlibatan pelanggan dan pemasaran media sosial secara bersama positif berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2021