Komunikasi tidak dapat terlepas dari kehidupan setiap orang, mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali. Salah satu media komunikasi yang berkembang saat ini adalah televisi karena keunggulan audiovisual yang mampu menarik perhatian audien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan persepsi dengan minat menonton program talkshow Kick Andy pada mahasiswa FEIS USM-Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEIS USM-Indonesia Program reguler S1 berjumlah 301 orang dan sampel 75 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Uji statistik yang digunakan adalah Korelasi Product Moment Pearson dengan hasil diketahui nilai rhitung dan rtabel yaitu 0,596>0,227 serta diketahui nilai thitung dan ttabel sebesar 7,89>1,993. Jika dibandingkan thitung dan rhitung lebih besar dari ttabel dan rtabel, maka terlihat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan minat menonton program talkshow Kick Andy pada mahasiswa FEIS USM-Indonesia dengan tingkat signifikansi korelasi p=0,000 (p<0,05). Kekuatan hubungan ini termasuk kategori sedang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel persepsi merupakan salah satu faktor yang menentukan minat menonton mahasiswa dengan angka koefisien determinasi sebesar 35,5% sedangkan 64,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2020