Penelitian ini adalah jenis penelitian kualititaif, yang berjudul “ Persepsi Guru SD Terhadap Penerapan Kurikulum 2013”. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari sumber wawancara langsung terhadap 6 guru SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru SD terhadap penerapan kurikulum 2013, mengetahui faktor pendukung dalam penerapan kurikulum 2013 dan mengetahui kendala dalam penerapan kurikulum 2013, mengetahui upaya yang dilakukan guru SD agar guru SD lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan kurikulum 2013. Data di analisis dengan menggunakan teknis analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman ( 1994 ) dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persepsi guru SD terhadap penerapan kurikulum 2013 adalah kurikulum 2013 adalah kurikulum yang pengajarannya tematik integrative dan membuat siswa lebih aktif didalam kelas dengan menggunakan buku – buku, alat peraga, dan infokus yang diberi pemerintah dan sudah memadai.
Copyrights © 2020