Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran statistika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan subjek penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas 5 SDN Wonosunyo II Gempol. Teknik pengumpulan data berupa observasi dengan lembar observasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran STAD baik untuk digunakan dalam pembelajaran statistika dengan penggunaan media pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran STAD pada pembelajaran matematika dapat menarik minat belajar peserta didik kelas 5 SDN Wonosunyo II Gempol. Hal ini dibuktikan dengan perolehan persentase aktivitas peserta didik yang mencapai 62,5% dan 75% peserta didik mampu menyelesaikan penugasan yang diberikan. Oleh karenanya, guru sebaiknya mampu menerapkan model pembelajaran STAD pada mata pelajaran matematika dan mata pelajaran lain serta diharapkan peserta didik semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2023