Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENGATASI PERBEDAAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Muliani, Srimuliani (Unknown)
Jumroh, Jumroh (Unknown)
Yuliani, Heny (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan karakter peserta didik yang bervariasi pada mata pelajaran matematika materi Turunan Fungsi Aljabar. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan diawali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas XI.2 semester genap di SMA Negeri 6 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada 37 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 7 siswa (18,9 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 30 siswa (81%), dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 12 siswa (32,4%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 25 siswa (67,5%) dengan nilai rata-rata 66,55. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 28 siswa (75,6%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 9 siswa (24,3%) dengan nilai rata-rata 81,3. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Turunan Fungsi Aljabar pada siswa kelas XI.2 semester genap di SMA Negeri 6 Palembang Tahun Pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...