Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI.6 SMA Negeri 6 Palembang menggunakan game mathematics pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI.6 SMA Negeri 6 Palembang berjumlah 35 orang dan objek penelitian adalah keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi, skor rata-rata keaktifan belajar peserta didik dari hasil observasi pada siklus I diperoleh 45,61% terkategori rendah dan meningkat pada siklus II menjadi 77% terkategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa game mathematics dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas XI.6 SMA Negeri 6 Palembang pada pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024