Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA

Agustin, Alvini (Unknown)
Jumroh, Jumroh (Unknown)
Yuliani, Heny (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas XI.10 SMA Negeri 6 Palembang menggunakan model Make A Match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui tahapan 2 siklus kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis secara persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match telah dilaksanakan dengan sangat baik. Keaktifan belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi berada pada kategori tinggi dengan persentase 80,00% yang telah mencapai target penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match terbukti mampu dan efektif dalam proses meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...