Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

PENGEMBANGAN MEDIA CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI MATRIKS DI SMK

Jumroh, Jumroh (Unknown)
Isroqmi, Asnurul (Unknown)
Tullah, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Canva pada materi matriks untuk siswa SMK Negeri 5 Palembang yang memiliki tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Produk ini diujicoba pada siswa kelas XI SMK Negeri 5 Palembang tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan tes. Hasil validasi dari tiga validator, yaitu dua dosen dan satu guru, menunjukkan tingkat validitas sebesar 94,45%, yang tergolong sangat valid. Tingkat kepraktisan, berdasarkan uji coba kepada siswa, mencapai 78,42% dan dikategorikan praktis. Efektivitas media pembelajaran ini diukur melalui tes kuis, dengan hasil sebesar 90,59%, yang termasuk dalam kategori sangat efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...