Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 2 No. 2 (2024): Differential: Journal on Mathematics Education

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Syaukani, Agus (Unknown)
Winata, Jati Sastra (Unknown)
Apriza, Regita Widya (Unknown)
Atsnan, Muh. Fajaruddin (Unknown)
Gazali, Rahmita Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk melihat motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan bantuan teknologi AI (artificial intelligence). Metode pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Objek penelitian ini terfokus pada motivasi belajar matematika oleh peserta didik dengan memanfaatkan teknologi AI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di sekolah MAN 1 Banjarmasin. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil angket menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi AI dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan mendapatkan skor signifikan dari 5 responden siswa. Wawancara dengan 3 siswa juga mendukung dampak positif AI dalam pembelajaran matematika, meningkatkan pemahaman dan kerajinan dalam memecahkan masalah. Pada wawancara terdapat 2 dari 3 siswa menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi AI dapat meningkatkan motivasi belajar matematika. Namun 1 dari 3 siswa menunjukkan kurang meminati dalam pemanfaatan teknologi AI pada pembelajaran matematika karena ekspektasi siswa yang tidak realistis dan kesalahpahaman dalam sistem AI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...