Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE KAHOOT! TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Fajriyah, Euis (Unknown)
Febriyana, Dyah (Unknown)
Rahmiati, Ati (Unknown)
Uctuvia, Vina (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, media yang digunakan dalam pendidikan menjadi lebih bervariasi. Platform pembelajaran berbasis game online Kahoot! adalah salah satu contohnya. Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game online yang menggunakan survei, kuis, dan diskusi interaktif untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik. Matematika adalah salah satu mata pelajaram yang dapat menggunakan platform pembelajaran berbasis game online Kahoot! Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan Kahoot!, sebuah platform pembelajaran daring berbasis permainan, mempengaruhi hasil belajar matematika. Metodologi kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini memiliki dua kelompok sampel. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran matematika di kelas VIII, bab Pythagoras, di SMP Daarut Tazkiyah di Cirebon. Menurut analisis temuan penelitian, penggunaan media pembelajaran berbasis permainan daring Kahoot! memiliki dampak yang menguntungkan pada hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot sebagai media pembelajaran memiliki kontribusi pengaruh sebesar 70,4% terhadap hasil belajar siswa. Model persamaan regresi Y = 11,713 + 0,752 X menunjukkan bahwa kinerja siswa saat menggunakan Kahoot! sebagai media pembelajaran berbanding lurus dengan prestasi akademis mereka. Kata kunci : media pembelajaran, game, Kahoot!

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...