Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education

LKPD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS 2 DI SDN 159 PALEMBANG

Fadila, Salsya (Unknown)
Syutaridho, Syutaridho (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) interaktif dalam pembelajaran bilangan cacah yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas 2 SD. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan isi LKPD, validasi oleh ahli, dan uji coba terbatas. LKPD yang dikembangkan memuat soal pengurutan bilangan, penghitungan jumlah benda, serta operasi penjumlahan dan pengurangan berdasarkan gambar kontekstual. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD sangat layak digunakan dari aspek isi, penyajian, dan visual. Uji coba terhadap 20 siswa menunjukkan bahwa 85% siswa mampu mengurutkan bilangan dengan benar, dan 100% siswa dapat menyelesaikan soal menghitung jumlah benda serta operasi penjumlahan dan pengurangan dalam pembelajaran gambar dengan benar. Respon siswa dan guru terhadap LKPD sangat positif. LKPD ini terbukti membantu pemahaman konsep matematika secara konkret dan menyenangkan sesuai tahap perkembangan kognitif siswa kelas rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...