Differential: Journal on Mathematics Education
Vol. 3 No. 1 (2025): Differential: Journal on Mathematics Education

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI STATISTIK PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP

Jayusman, Fregis (Unknown)
Nopriyanti, Tika Dwi (Unknown)
Marhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Statistik pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 60 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi (quasi-experimental) dengan model design One-group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui tes essay. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji paired samples test, tes kemampuan literasi statsitik kelas VIII.3 menerima hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan literasi statistik pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 60 Palembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

differential

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Differential: Journal on Mathematics Education exclusively publishes articles related to mathematics education. The focal areas include innovative learning approaches, the development of learning tools/instruments, curriculum development, assessment, and educational ...